Membuat Pupuk Organik Cair (Poc) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Perjuangan Minim Modal

 Dalam keseharian kita tentu tidak gila dengan ikan Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Usaha Minim Modal
- Dalam keseharian kita tentu tidak gila dengan ikan, udang, sayuran dll. Tahukah kau bahwa dari ikan / isi perut ikan kita dapat menghasilkan uang. Yaitu dengan menciptakan pupuk organik cair (POC) dengan materi utama isi perut ikan. 

Pasti tahu dong isi perut alias jeroan ikan? Seperti dikutip dari dkwek.com Biasanya kalau kita ingin masak ikan, isi perut ikannya kita buang terlebih dahulu, kan? Ternyata jeroan ikan itu pun berpotensi untuk dijadikan pupuk tumbuhan dan dapat menghasilkan pundi pundi rupiah. 

Mungkin terdengar agak menjijikkan, ya? Tapi selagi sampah atau limbah sisa dapur kita dapat dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang lebih berguna, ga ada salahnya berani kotor sedikit kalau memang kau mentok perjuangan sebab kurang modal atau sebagainya.

Bagaimana caranya?
Apakah laris dipasaran?

Berikut kita kupas, Cara menciptakan POC dari isi perut ikan ini tidak berbeda dengan POC homogen lainnya. Tahap-tahapnya sama semua hanya saja materi nya yang berbeda.

Untuk menciptakan pupuk organik cair ini tidak mesti murni ikan / isi perut  ikan saja tetapi kau perlu menambahka lagi untuk uji coba, yaitu bonggol dan kulit pisang yang diblender bersamaan dengan jeroan ikan / ikan. Sebenarnya bonggol dan kulit pisang ini dapat kita tambahkan juga di POC kepala dan kulit udang.

Oke to do poin  ya,

1. Ikan/ isi perut/ Jeroan ikan + Bonggol dan kulit pisang diblender
 Dalam keseharian kita tentu tidak gila dengan ikan Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Usaha Minim Modal
Hasil blenderan materi + EMx + gula (foto dkwek.com)

2. POC jeroan ikan dalam botol, siap untuk proses fermentasi
 Dalam keseharian kita tentu tidak gila dengan ikan Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Usaha Minim Modal
(Foto dkwek.com)

3. Larutan POC sesudah beberapa jam proses fermentasi berlangsung, isi botol meluap hingga ke tutupnya, begitu dibuka jadi ibarat mau muncrat isinya. 

4. Masukkan sebagian isinya ke botol kosong hingga posisi batas larutan ibarat gambar di bawah ini. 

Jadi, untuk yang ingin mencoba, nanti sebaiknya isi botolnya hingga batas 2/3 saja ya (atau kurang dikit), supaya kalau meluap tidak hingga meleduk.

5. POC sesudah 3 hari fermentasi
 Dalam keseharian kita tentu tidak gila dengan ikan Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Usaha Minim Modal
(Foto dkwek.com)

Proses fermentasi POC jeroan ikan lebih cepat dibandingkan POC kepala dan kulit udang dan sejenisnya. 

Kalau kau berminat mencobanya dan berani kotor dan bau, mungkin tips di atas dapat dipraktikkan. Ini yaitu solusi untuk kau yang memang buntu dengan perjuangan yang memang minim modal.

Pertanyaannya Apakah Laku dijual? Apa tipsnya?

Dah capek capek buat gk ada yang beli, mungkin itu yang ada dibenak kita. Jangan khawatir selagi kita punya produk yang bermanfaat niscaya ada yang mau beli. Seandainya belum ada yang beli kau dapat memberi percobaan kepada tumbuhan yang telah kau beri pupuk organik cair hasil buatan kamu. Tunjukan hasilnya, otomatis orang akan percaya dan membeli.


Karir dan Tips Memulai Usaha:

- Kamu harus tahu diluaran sana berbagai produk pupuk organik cair dari materi baku ikan ini dijual dengan harga yang cukup mahal mulai dari Rp 60.000,- hingga Rp 100.000,- per liternya. Tentu kalau kau berhasil menciptakan kau dapat menjual dibawah rata rata.

- Alat dan Bahan, Siapkan blender dan botol serta jeroan ikan untuk produksi, Karena modal peralatan nya hanya ini. Untuk jeroan ikan kau dapat pergi ke tukang ikan minta jeroan nya atau kau bayar tentu murah bukan.

- Siapkan media tanaman, ini sebagai langkah awal untuk ujicoba kau saat berhasil menciptakan pupuk organik cair dengan materi baku ikan. Lihat dan amati beberapa hari/ Minggu apakah tumbuhan yang kau beri POC buatan kau jadi tumbuh subur

- Produksi berkelanjutan, Jika sudah terbukti maka kau dapat menyebarkan perjuangan ini yaitu dengan memproduksi terus menerus. Buatlah dosis botol per 1 liter dengan harga terjangkau dibawah pasaran harga produk sekarang, misal hasil karya mu dijual dengan harga perliter Rp 35.000,- saja

- Tehnik Pemasaran, Maslah pemasaran kau dapat eksklusif ke pasar pasar atau sosialisasi eksklusif ke warga, selain itu kau dapat memakai sosial media untuk promosi. Tidak ada salahnya bukti2 atau video perihal pembuktian produk kami di upload supaya lebih dipercaya.

- Legalitas Produk, Untuk pengembangan perjuangan produksi kau dapat mendaftarkan perjuangan kau untuk mendapat SIUP supaya memiliki merk sendiri sehingga lebih dikenal orang.

Ada banyak tips2 di internet untuk menciptakan ataupun mengemas Pupuk Organik Cair dari materi baku ikan ini..

0 Response to "Membuat Pupuk Organik Cair (Poc) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Perjuangan Minim Modal"

Posting Komentar