Analisa Biaya Dan Cara Memulai Perjuangan Laundry Pakaian


- Usaha ini memang sudah banyak yang mencobanya, biasanya di tempat perkampungan mahasiswa yang banyak kost-kostsan, perjuangan ini sangat cocok untuk orang-orang kantoran yang super sibuk dan gak punya waktu untuk mencuci..apalagi kalo ekspresi dominan hujan dan gak kering, niscaya ujung-ujungnya baukan. Pasti Loundry solusinya.

Analisa Usaha Laundry
Untuk anda yang masih ragu-ragu berapa manfaatnya dan berapa modal yang diperlukan. Saya beri analisa perjuangan laundry secara sederhana

Kita misalkan tiap hari anda sanggup mendapatkan baju 50 kg perhari maka untuk satu bulan anda mendapatkan omzet kotor :

50 x Rp. 4.000 x 30 hari = Rp. 6,000.000,-

Catatan : harga umum per Kg yaitu Rp. 4.000. Harga pakaian bervariasi tergantung jenis kain ibarat levis, selimut, boneka, seprei dan lain sebagainya.

Dengan rincian biaya operasional,
Listrik : Rp 300.000
Penyetrika per kilo Rp 1000 x 1350kg : Rp 1.400.000
Detergen dan pewangi : Rp 500.000
Karyawan basuh : Rp 700.000
Biaya Tak terduga : Rp 150.000
Total : Rp 3.200.000

Penghasilan Bersih Omset Rp 6.200.000 - Rp 3.200.00 : Rp 3.000.000

Buat komplemen dan sanggup pelanggan lebih banyak, anda sanggup membuka beberapa pilihan diantaranya:
*Cuci + setrika
*Cuci kering saja
*Setrika saja
(Harga sanggup disesuaikan)

Cara Memulai

1. Lakukan Survey Terlebih dahulu
Melakukan survey ini untuk mengetahui jawaban masyarakat, kalau banyak yang memberi jawaban yang positif, maka anda mempunyai peluang perjuangan yang besar, kalau tanggapannya kurang positif, anda jngan menyerah, buatlah perubahan dengan anda yang memulainya.

2. Menentukan lokasi
Penentuan lokasi sangatlah penting alasannya yaitu kita sanggup memprediksi akan sejauh mana perjuangan kita akan berkembang. Misal komplek perumahan, kampus atau tempat padat penduduk.

4. Berikan Promo Tertentu
Misalnya saja untuk konsumen yang mencuci lebih dari 10kg maka akan mendapatkan cuilan harga 1kg.

Alat Yang Harus Anda Persiapkan

Secara garis besar dan mutlak dibutuhkan adalah:Mesin cuci, Setrika, Pewangi pakaian, Deterjen serta gelas takar, Timbangan, Hanger, Plastik loundry, Keranjang baju, Penggang pakaian, Nota loundry, Botol spray

Harga Mesin Cuci
Untuk harga sangat berpariasi tergantung pasaran dilokasi anda tinggal. anda sanggup surve harga di toko terdekat. Ada beberapa jenis mesin yang wajib anda ketahui kalau ingin memulai perjuangan basuh pakaian ini yaitu :

Pilihan kapasitas mesin basuh untuk londry diantaranya; 16, 20, 40, 70 dan 100 Kg. semakin besar kapasitasnya semakin mahal harganya.

Perlu anda ketahui bahwa jenis mesin basuh ada 2 macam yaitu Mesin Cuci Top Loading dan Mesin Cuci Front Loading yang saling mempunyai kelebihan dan kelemahan, berikut penjelasannya :

1. Mesin Cuci Top Loading 
Mesin Cuci Top Loading

Kelebihan :Harga lebih murah dibanding Mesin Cuci Front Loading ( Automatic ) Karena Tutup Atasnya sanggup dibuka, Dapat dimanfaatkan sebagai perendaman, Daya Listrik lebih kecil.

Kelemahan:
-Mesin Cuci Top Loading biasanya mempunyai putaran Rpm lebih kecil dibanding mesin basuh Front Loading, sehingga memerlukan waktu lebih lama.
-Daya Kucek dan Putar yang lemah dan hasil cucian yang kurang bersih.
-Pemakaian chemicalsnya harus dimasukan secara manual.
-Tidak ada sajian Pencucian Dengan Air panas
-Tidak sanggup mengatur Rpm

2. Mesin Cuci Front Loading | Automatic Washing Machine 
Mesin Cuci Front Loading
Kelebihan:
-Bisa mengatur Rpm (daya putar)
-Bisa mengatur temperatur suhu pencucian
-Bisa ditumpuk, sehingga space/ruangan proses laundry menjadi lebih leluasa.

Kelemahan:
-Harga yang lebih mahal dibanding mesin basuh Top Loading.
-Sering melekat sisa sisa surfaktan pada pakaian (Kurang Teliti)
-Daya Listrik yang diharapkan lebih tinggi dari Mesin Cuci Top Loading

Catatan yang harus anda perhatikan

Pilihlah lokasi yang tepat: Jika anda mempunyai modal cukup untuk menyewa tempat, lakukan pemilihan tempat perjuangan yang strategis. Lokasi paling strategis untuk perjuangan rumahan ini yaitu di sekitar kampus, koes - kostan, area rumah kontrakan dan area perumahan.

Alat Mesin Cuci: Jangan sembarangan menentukan mesin cuci. Karena semoga bagaimanapun, mesin basuh merupakan perangkat utama perjuangan rumahan laundry. Jika laundry anda jelek, ditakutkan perjuangan anda akan merugi alasannya yaitu pelanggan kecewa atas hasil basuh anda.

Berikan Bonus: Untuk mengapresiasi dan sebagai tanda terima kasih, berikan bonus untuk pelanggan anda yang setia. Berikanlah hadiah bentuk sederhana untuk menghargai mereka. Dengan begitu anda akan menjalin hubungan yang besar lengan berkuasa antara konsumen dan pemilik bisnis

0 Response to "Analisa Biaya Dan Cara Memulai Perjuangan Laundry Pakaian"

Posting Komentar