Cara Bersaing Sebagai Event Organizer Pemula


- EO merupakan sebuah layanan jasa yang bergerak di bidang menggelar banyak sekali acara, baik itu yang berskala kecil atau bahkan yang berskala besar. Bisnis ini semakin mempunyai peluang sukses belakangan ini, mengingat semakin banyak orang yang lebih menentukan untuk menggelar program dengan simpel dan efisien, di mana program mereka ditangani oleh orang-orang yang hebat di bidangnya

Salah satu ciri khas masyarakat milenial yakni gemar mengadakan program yang melibatkan banyak orang, dengan tampilan yang wow dan Instagramable. 

Tujuan dilaksanakannya program tersebut beraneka macam, dari mulai program eksklusif menyerupai kesepakatan nikah dan ulang tahun, hingga dengan launching buku, pembukaan gedung atau kawasan belanja, hingga dengan meet and greet serta konser yang mendatangkan selebriti dalam dan luar negeri yang sedang ngehits.

Acara tersebut tak akan bisa terealisasi tanpa ada event organizer (EO) yang profesional, dan bagi orang dengan kemampuan managemen yang baik, serta mempunyai banyak kolega yang bekerjasama dengan event atau program (misal sound system, tenda dan dekorasi, katering dan lain sebagainya), maka harus mengambil peluang bisnis sebagai event organizer.

Tetapi sebelum memulai, sebaiknya ketahui dulu bagaimana caranya untuk bersaing bersama dengan EO lainnya yang sudah lebih dahulu.

- Membuat perizinan resmi.

Harus mempunyai tubuh perjuangan dan izin usaha, kita bisa menentukan PT atau CV sebagai tubuh usaha, dan mengurus perizinannya supaya perjuangan yang kita lakukan ini lebih terpercaya dengan bentuk aturan tubuh perjuangan yang jelas.

- Memiliki modal perjuangan yang cukup.

Jangan anggap sepele awal usaha, kita harus mempunyai sejumlah uang yang akan dipakai untuk mengurus perizinan, menyewa bangunan untuk kantor, belanja perlengkapan kantor dan marketing, serta lain sebagainya.

- Memiliki pangsa pasar yang jelas.

Yang satu ini juga harus diperhatikan betul, sesuaikan dengan passion yang kita miliki dan carilah tim kerja yang mempunyai passion sama supaya bisa bekerjasama dengan maksimal.

Setelah menemukan pangsa pasar yang sempurna (misal remaja, atau remaja muda yang akan menikah) maka kita bisa berkonsentrasi untuk mengambil hati calon klien supaya gunakan jasa EO kita.

- Bangun Tim yang Solid

Bisnis EO akan mempertemukan Anda dengan majemuk huruf klien, dan dengan sejumlah kebutuhan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Anda akan menangani banyak sekali program yang membutuhkan sejumlah keahlian yang baik, sehingga sangat mustahil untuk menjalankan pekerjaan ini seorang diri. Anda akan selalu membutuhkan sebuah tim kerja ketika menjalankan bisnis EO. Jika mempunyai sebuah tim yang solid dan sanggup bekerja dengan kemampuan yang maksimal.

- Evaluasi Tim secara Berkala

Evaluasi akan sangat dibutuhkan, bahkan Anda perlu melakukannya secara terencana dalam jadwal yang tetap.Jangan biarkan bisnis mengalami gangguan, hanya alasannya yakni mempunyai tim yang lemah pada beberapa bagian. Hal ini sangat berbahaya, meski hanya terjadi sesekali saja di dalam bisnis.

Di dalam bisnis OE, tim yakni aset paling berharga yang Anda miliki. Sangat penting untuk memastikan bahwa tim Anda yakni yang terbaik dan berada pada komposisi yang paling tepat, sehingga akan membutuhkan penilaian secara terencana terhadap tim ini. 

Satu saja tim Anda tidak bekerja dengan maksimal, maka kemungkinan hal tersebut akan mensugesti kesuksesan program yang ditangani secara keseluruhan.

Selalu kreatif dan berinovasi. Karena persaingan semakin ketat, dan demam isu juga terus berubah dari waktu ke waktu, setiap pemilik EO harus pandai-pandai mencari penemuan gres yang kekinian. bahkan bisa jadi pelopor, dan menciptakan lebih banyak klien memakai jasa kita.

Demikian yakni beberapa tips supaya bisa bersaing dengan sesama event organizer yang sudah lebih dulu terjun, jangan lupa untuk terus berdoa dan rajin promosi di media umum supaya perjuangan kita makin dikenal.
(Foto youtobe)

0 Response to "Cara Bersaing Sebagai Event Organizer Pemula"

Posting Komentar