Analisa Modal Dan Laba Budidaya Lebah Madu

- Budidaya lebah madu jangan dianggap remeh alasannya yaitu perjuangan ini bisa mendatangkan rupiah yang besar. Apalagi tingkat konsumsi madu di negara kita terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain untuk konsumsi madu juga dipakai untuk keperluan obat disegala lini produk ketika ini.

Artinya peluang bisnis budidaya lebah madu bisa dicoba dan mesti dilakukan secara benar. Bayangkan kalau perjuangan ini bisa anda tekuni mungkin bisa jadi beberapa perusahaan besar akan menjadi pelanggan setia madu anda.

Nah kalau anda tertarik perjuangan budidaya lebah madu maka langkah pertama yaitu memilih lokasi. Lokasi untuk budidaya lebah madu cocoknya dipinggiran kota/perkampungan. Hal ini dilakukan semoga perjuangan budidaya lebah madu anda bisa maksimal.

Berbicara modal tentu bagi kebanyakan orang perlu uang banyak, Tapi untuk perjuangan lebah madu ini bisa dimulai dengan modal sederhana saja. Adapun langkah utama sebelum terlanjur memulai perjuangan lebah madu adalah:

- Cek lokasi perjuangan anda dan pertimbangkan, Apakah lebah cukup menerima makanan yang berasal dari bunga-bunga tumbuhan tahunan, menyerupai mangga, durian, kelapa, kacang-kacangan, atau tumbuhan lain disekitar lokasi budidaya.

- Jika lokasi budidaya lebah anda bersahabat dengan area pertanian yang penggunaan pestisida nya tinggi maka area tersebut kurang cocok. Sebab akan mengakibatkan lebah tidak sanggup berkembang dengan baik dan risikonya mati, misalnya sawah kurang cocok.

Jika sudah oke, persiapkan beberapa kelengkapan alat berikut ini:
  • Gergaji (gergaji belah atau gergaji potong)
  • Garpu lebah,Pisau lebah.
  • Palu/martil,Gunting seng.
  • Smoke (pengasap).
  • Masker (pengaman kepala).
Pembuatan Sarang Lebah
Gunakan papan yang sudah kering sehingga tidak melengkung atau tripleks yang tebal. Buatlah potong-potongan tripleks untuk tutup, dasar, dinding belakang, dinding depan, dan dinding samping menyerupai gambar berikut.
Bagian dasar rumah lebah dibentuk sedikit lebar untuk mendarat lebah sebelum masuk ke rumahnya. Lubang untuk keluar dan masuk lebah dibentuk sebanyak 2 buah.

Setelah semua potongan dibuat, Anda sanggup menggabungkannya dengan cara memaku pada setiap sambungan. Terakhir, buatlah bilah-bilah kayu untuk sarang lebah sepanjang 48 cm dan penggalan bawah meruncing. Rumah lebah yang telah selesai kemudian sanggup dipakai untuk memelihara lebah dengan cara diberi kawat untuk menggantungkan kedua sisinya.

Mulai Budidaya Lebah Madu
Perkembangan keluarga lebah diawali dengan bertelurnya lebah ratu sehabis proses perkawinan. Tiga hari kemudian, telur menetas menjadi larva di dalam sel (sarang lebah). Larva-larva tersebut selama 2 hari menerima makanan berupa tepung sari. Enam hari kemudian sel ditutup sehingga larva mengalami proses pengeraman selama 12 hari.

Pada selesai masa ini larva yang sudah bermetamorfosis lebah muda mulai menggigiti tutup sel untuk keluar dan mulai bekerja. Bertelur (hari ke 1-3), Larva (hari ke 4-9), Larva-larva Telur menetas dan larva memakan tepung sari, nektar, dan royal jelly.

Pupa (hari ke 10-20), Sarang ditutup dengan lilin larva menjadi kepongpong bermetamorfosis pupa. Lebah berakal balig cukup akal (hari ke 21), Lebah berakal balig cukup akal ke luar, Membersihkan sarang Hari ke 24-25, Memakan larva tua. Hari ke 27-32 Memakan larva muda Gambar 8 Perkembangan Lebah Hari ke 33-38 Membangun sarang dan menyimpan makanan Hari ke 39-42.

Panen Lebah Madu
Pada ketika memanen semprotkan asap ke dalam rumah lebah. Madu yang berada di dalam sarang lebah sanggup dikeluarkan dengan cara diperas diapungkan atau diputar-putar.
Waktu yang baik untuk memanen madu yaitu satu bulan sehabis ekspresi dominan berbunga tanaman-tanaman yang menjadi sumber makanan lebah. Umumnya di Indonesia panen sanggup dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember atau bulan Mei dan Juni.

Jika selama bekerja, tubuh atau anggota tubuh Anda disengat oleh lebah, jangan lakukan gerakan yang makin mengacaukan lebah. Berlakulah tenang, kemudian dengan memakai kuku kemudian cukil sengat lebah yang melekat pada penggalan tubuh Anda. Dengan ” demikian, racun yang berada pada kantong sengat tidak masuk ke dalam tubuh Anda.

0 Response to "Analisa Modal Dan Laba Budidaya Lebah Madu"

Posting Komentar